Tips meningkatkan daya ingat

Posted: April 13, 2010 in Tips
Tag:, , , ,

Kalo akhir akhir ini kita mengikuti perkembangan dunia gadget pasti kita disuguhi berbagai macam fitur canggih dari piranti genggam tersebut. Salah satu fitur yang wajib ada di setiap gadget adalah kalender dan pengingat.

Kayaknya kita udah nggak mempercayai kemampuan otak kita untuk mengingat sesuatu, sampai-sampai kita membutuhkan bantuan alat (baca: hp) untuk mengingatkan setiap kegiatan yang akan kita lakukan. Padahal sebenarnya kita dapat memaksimalkan kemampuan otak yang kita miliki sehingga kebutuhan akan alat pengingat menjadi berkurang.

Kita coba tips-tips di bawah ini, siapa tahu nantinya bermanfaat. Cekidot!

Perhatian. Perhatikanlah dengan baik apa yang dikatakan seseorang kepada kita, jika kita ingin selalu mengingat apa yang dikatakan orang. Perhatikan tiap detil dari perkataannya. Pusatkan sepenuhnya perhatian kita pada lawan bicara yang ada di hadapan kita.

Gunakan seluruh panca indera. Semakin banyak kita menggunakan panca indera dalam memperhatikan sesuatu maka akan semakin lama ingatan terhadap hal tersebut membekas di otak kita. Lihat, rasakan, dan hayati apa yang mengalir dari setiap ucapan orang tersebut.

Kaitkan dengan sesuatu. Mengaitkan suatu benda dengan benda yang lain akan membantu kita mengingat benda tersebut. Misalnya kita baru aja berkenalan dengan seseorang dan kita ingin agar selalu mengingat namanya, maka perhatikan dengan seksama apa yang unik atau berbeda dari orang tersebut. Semisal si A yang berambut keriting, berbadan gendut, hidungnya pesek. Atau si B yang berambut lurus, matanya sipit, pipinya tembem. Semakin unik sesuatu yang kita kaitkan, akan semakin kuat ingatan kita pada teman baru tersebut.

Antusia dalam melakukan sesuatu. Semakin antusias dan senang kita terhadap sesuatu hal atau seseorang maka akan semakin gampang kita mengingatnya dalam jangka waktu lama. Kalo semisal kita menyukai sesuatu atau seseorang maka kita akan sangat memperhatikannya dan kita akan menggunakan seluruh panca indera untuk merasakannya. Bahkan kita akan menghubungkannya dengan sesuatu benda yang menarik sehingga kalo kita melihat benda tersebut maka kita akan kembali mengingatnya.

Ulangi, ulangi dan ulangi. Ulangi apa yang ingin diingat. Para ahli di bidang per-otakan mengatakan bahwa otak manusia hanya mampu mengingat 7 bagian informasi dalam kurang dari 30 detik. Kalo kita ingin lebih lama mengingat maka kita harus selalu mengulangi dalam benak apa yang ingin di ingat.

Olah raga cukup. Olah raga terutama yang meningkatkan sirkulasi oksigen ke otak akan meningkatkan fungsi otak secara maksimal. Mengingat adalah salah satu fungsi otak yang sangat penting.

Kendalikan stress. Stress akan meningkatkan kadar hormon kortisol yang mengganggu fungsi otak akibat matinya sel saraf otak. Stress juga akan menganggu selera makan dan tidur kita yang akan berdampak juga pada kemampuan daya ingat. Salah satu cara untuk mengendalikan stress adalah dengan berolah raga.

Tidur yang cukup. Saat kita terlelap terutama beberapa jam di awal tidur, otak kita akan menyibukan diri memproses segala informasi yang kita pelajari sebelumnya. Hal ini tentu akan menambah kemampuan daya ingat.

Kalo kita bisa mengoptimalkan daya ingat kita, maka kita nggak akan membutuhkan alat-alat mahal (baca: hp) hanya sekedar untuk mengingat tanggal ulang tahun teman.

Komentar
  1. dismas not dimas mengatakan:

    harus olah raga yang cukup? berat juga rasanya. hehehe… anyway, nice tips sist😆

  2. noego08 mengatakan:

    “cekidot” nya kerenan donk caranya nulis.. hehehehe..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s