Teman yang kekanak-kanakan

Posted: Maret 31, 2010 in Sahabat
Tag:, , , , , , , ,

Kadang kita (baca: remaja alias anak baru gede) menemukan teman yang sifat atau sikapnya masih kayak anak kecil. Dari yang cengeng, gampang digodain, nggak mau mengalah kalo ada sesuatu, maunya diturutin mulu, dan lain-lain. http://emo.huhiho.com Wajar aja sih, namanya juga anak baru gede, jadi masih dalam proses pertumbuhan untuk menuju tahap dewasa.

Tapi sifat kekanak-kanakan teman kita nggak jarang bikin kita sebel atau bosen meladeninya. Ya kan. Gimana ya mengatasinya? Simak setelah iklan berikut ini.. http://emo.huhiho.comhttp://emo.huhiho.comhttp://emo.huhiho.comhttp://emo.huhiho.com(halah)

Menghilangkan sikap kekanak-kanakan seperti gerak-geriknya, cara bercandanya, nada bicaranya (manja gitu), dan lain-lain kayaknya emang sulit untuk diubah. Karena umumnya hal itu terbentuk dari keluarganya sendiri, semisal karena dia anak bungsu, anak tunggal, atau satu-satunya anak perempuan, dan sebagainya.

Namun kalo sifat kekanak-kanakan terlihat saat mengambil keputusan, menentukan sikap, cara berpikir atau cara bergaul, kemungkinan besar masih bisa diubah.

Salah satu caranya adalah mengkondisikan kedewasaan pada lingkungan pertumbuhannya, seperti dalam lingkungan pertemanan atau lingkungan keluarga. Sebagai simulasi, usahakan lakukan seserius mungkin agar terbentuk kedewasaan, seperti mencontohkan sikap kedewasaan, memasukkan sebuah perbedaan mendasar mengenai sikap kedewasaan dan sikap kekanak-kanakan dalam setiap perbincangan. Maka tanpa disadari, teman kita itu selanjutnya akan mulai memahami gimana bersikap dewasa. Lakukan hal itu berulang-ulang hingga teman kita benar-benar mengerti gimana menjadi dewasa.

Kalo sikap kekanak-kanakannya sering muncul, ingatkan atau tegur dengan kata-kata yang bersahabat, sehingga teman kita merasa nyaman. http://emo.huhiho.com

Kunci utamanya adalah BERSABAR! Karena setiap perubahan itu pasti membutuhkan proses dan waktu.

NB: tidak ada kata terlambat untuk perubahan yang positif http://emo.huhiho.com

Komentar
  1. dismas not dimas mengatakan:

    tips yang bagus. Karakter orang memang unik-unik… salam…:mrgreen:

  2. Rafans Manado mengatakan:

    Tabea…. Ingin jadi teman yang baik aja ya. Thanks,-

  3. ryan mengatakan:

    keren bgett coz aku mau jaditeman yang baex

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s