Tips menggunakan Google Search

Posted: Februari 24, 2010 in Tips
Tag:, ,

Kalo mau mencari informasi lewat internet, biasanya kita menggunakan Google Search. Bisa jadi, kita menggunakan Google dengan format pencarian yang sederhana yaitu mengetik beberapa kata and mengubah-ubah kata-kata itu sampai kita nemuin informasi yang kita cari atau inginkan. Sering kali malah muncul link-link situs yang nggak nyambung blas dengan yang diharapkan. Coba dulu cara-cara di bawah ini biar kita bisa menggunakan Google dengan lebih efektif. Cekidot!!

1. Ungkapkan secara eksplisit pake tanda petik

Semisal kita mau nyari informasi tentang sejarah Indonesia. Daripada hanya mengetik sejarah Inonesia, mending mengetik “sejarah Indonesia” di kotak Search pake tanda petik biar bisa menemukan hasil pencarian yang lebih tepat.

2. Eliminasi kata yang nggak dibutuhkan

Kalo kita mau cari informasi tentang sejarah Indonesia tetapi nggak menginginkan hasil mengenai hindu budha, gunakan tanda setrip (-) di depan kata hindu budha. Contoh: sejarah Indonesia-hindu budha.

3. Mencari defini suatu kata

Kalo kita mau mencari arti atau definisi dari suatu kata atau istilah, ketiklah perintah define pada Google Search. Maka akan keluar hasil pendefinisian kata tersebut. Contoh: define: prasasti.

4. Menyertakan tipe dokumen

Kalo kita menginginkan hasil pencarian dengan tipe dokumen tertentu, gunakan tambahan keterangan “filetype”. Misalnya mencari dokumen Microsoct Word, maka ketik: “sejarah Indonesia” filetype:doc. Bisa juga dengan format lain seperti Adobe Portable Document Format (pdf), Microsoft Excel (xls), Microsoft PowerPoint (ppt), Text (ans, txt), dan lain-lain.

5. Mencari informasi tertentu di sebuah situs

Kalo di sebuah situs nggak menyediakan fasilitas pencarian, kita bisa mencarinya di Google Search. Contoh: “fosil” site:http://www.kapanlagi.com.

6. Film atau musik

Untuk mencari informasi film atau musik, bisa kita gunakan perintah: “movie” atau “musik”. Contoh: “movie: Laskar Pelangi”

7. Gunakan tanda bintang (*) kalo lupa kata kuncinya

Misalnya kita mau mencari lagu tapi lupa judul utuhnya and hanya ingat potongan liriknya. Gunakan tanda bintang disertai potongan liriknya, contoh: bersama mengejar mimpi*. Maka akan didapat daftar hasil pencarian yang di antaranya adalah lagu Ku Bahagia oleh Sherina, yaitu lagu yang sebenarnya kita inginkan.

8. Menghitung satuan ukuran and kalkulator

Kita bisa menggunakan Google untuk konversi yang cepat misalnya dari inchi ke meter, ketik aja: 12 inches in meters. Maka akan didapat hasil 12 inches = 0,3048 meters. Selain itu ada juga fungsi kalkulator. Namun terkadang lebih cepat menggunakan hitungan standar di Google dengan tanda: +, -, *, and /.

9. Mencari secara spesifik

Google Search punya banyak rahasia, di antaranya menyediakan pencarian yang lebih spesifik atau khusus. Misalnya untuk pencarian di blog, kita bisa berkunjung ke : http://blogsearch.google.com/. Untuk buku: http://books.google.com/.  Untuk video: http://video.google.com/, dan lain-lain.

10. Advance Search

Nah, kalo semisal  lupa perintah-perintah Google di atas, kita bisa menggunakan Google’s advanced search untuk pencarian yang lebih tepat and spesifik, yaitu di: http://www.google.com/advanced_search

Semoga bermanfaat!!

Komentar
  1. susiloadysaputro mengatakan:

    baru tau pke advanced search ni..nice info sist..

  2. ari mengatakan:

    Ijin untuk menggunakan image dancing di atas itu lho. Keren banget soalnya.
    Kalo postingan mantap deh. Saya juga sedang menulis tema yang sama, tapi cuma enteng2nya saja.
    Thank yu….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s