Jurus belajar efektif 2

Posted: Februari 22, 2010 in Belajar
Tag:, , , , ,

  1. Sepulang sekolah, ulangi lagi pelajaran yang udah didapat. Setelah itu baca singkat dua halaman materi berikutnya. Nah, sewaktu materi pelajaran itu diterangkan guru esoknya, kamu udah punya gambaran sehingga tinggal nambahin yang belum kamu tau. Jadi begitu pulang sekolah, kamu hanya mengulang saja untuk mencari kesimpulan atau ringkasan.
  2. Usahakan konsentrasi penuh sewaktu mendengarkan pelajaran di sekolah. Materi yang kamu dengar bakal mudah dipanggil lagi begitu kamu menghafal ulang pelajaran.
  3. Ketik ulang catatan pelajaranmu ke dalam komputer. Logikanya, dengan mengetik ulang catatan berarti sama aja dengan membaca ulang pelajaran yang baru aja kamu dapat dari sekolah. Materi yang diulang tadi bisa tersimpan di memori otak buat jangka waktu yang lama. Lebih bagus lagi kalo kamu mau membaca kembali atau mempelajari catatan itu setelah diketik. Susah lupanya!
  4. Cara lain adalah dengan membaca ulang catatan pelajaran lalu buat kesimpulan dengan kata-katamu sendiri. Biar dapat terpatri lama di memori, tulis kesimpulan kamu tadi di secarik kertas kecil seukuran kartu nama. Kartu-kartu tersebut efektif untuk mengulang dan membaca singkat kala senggang.
  5. Selalu gunakan buku catatan yang berbeda untuk tiap mata pelajaran. Cara ini dinilai lebih teratur sehingga pada waktu ingin mengulang suatu pelajaran kita tidak perlu lagi harus membuka semua buku.
  6. Mengulang pelajaran nggak selamanya harus dengan membaca atau menulis. Mengajari teman lain tentang materi yang baru diulang bisa membuatmu selalu ingat pada materi tersebut. Bagusnya lagi, kamu jadi lebih paham tentang materi tersebut.
  7. Belajar mendadak menjelang ujian itu nggak efektif! Paling nggak sebulan sebelum ujian adalah masa ideal buat mengulang pelajaran. Materi yang banyak bukan masalah. Caranya : selalu buat ringkasan atau kesimpulan pada setiap pelajaran, kalo perlu pakai tabel atau gambar ilustrasi biar gampang diingat.
  8. Ada beberapa orang yang lebih suka belajar di siang hari. Maklum, badan masih segar setelah tidur cukup di malam hari, jadi semangat masih tinggi. Kondisi yang bagus tersebut itu nggak mereka sia-siakan gitu aja. Pagi mereka konsentrasi penuh pada pelajaran di kelas and siangnya konsentrasi untuk mengulang kembali. Malam hari hanya mereka gunakan untuk mengerjakan aktifitas ringan atau pekerjaan rumah. Jadi nggak pernah ada kata begadang. Boleh juga tuh!
  9. Kalo badan capek, bakal susah buat konsentrasinya. Libur dulu dari acara olah raga atau kegiatan fisik lainnya sehari menjelang ujian.
  10. Belajar sambil mendengarkan musik emang asik. Pilih musik yang tenang tapi menggugah. Musik klasik macam Beethoven ato Mozart bisa dicoba. Musik tipe ini cocok banget buat nemenin kamu selama ngerjain tugas yang jawabannya udah pasti, kayak matematika, ilmu alam atau bahasa asing. Dijamin stamina belajarmu akan selalu berisi dan penuh semangat.

(Y!A)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s