Mengelola stres

Posted: Februari 16, 2010 in Pengembangan diri, Remaja
Tag:,

Sekarang ini banyak orang yang sering mengeluh akibat padatnya jadwal kegiatan. Bisa dikatakan gejala stres mulai muncul. Cara-cara di bawah ini bisa kamu lakukan untuk mengelola stres. Cekidot!!

Belajar hidup teratur
Rencanakan apa saja yang akan kamu lakukan. Kerjakan mana yang lebih penting dan mana yang dapat ditunda. Manfaatkan waktumu dengan sebaik-baiknya. Kalo kamu punya banyak tugas dari sekolah, kerjakan tugas-tugas itu satu-per-satu sampai selesai. Biasaya tugas yang terbengkalai and nggak selelsai bisa mengakibatkan stres.

Terima dirimu apa adanya
Tiap orang pasti punya kelebihan and kekurangan. Terimalah hal-hal yang nggak bisa diubah seperti wajah, tinggi badan, berat badan, dll. Misalnya kamu pengen banget diet agar bisa kurus, tapi setelah sekian lama mencoba program diet, nggak menampakan hasil yang diinginkan. Kalo kamu justru terus terobsesi dengan hal ini, lama-kelamaan bisa bikin kamu stres sendiri lho. So, belajarlah menerima dirimu sebagaimana adanya dan syukuri segala nikmat yang udah kamu dapatkan.

Lakukan sesuai kemampuan
Kerjakan sesuatu sesuai dengan kemampuanmu and bakatmu. Misalnya pada kenaikan kelas 11 nanti kamu ingin melanjutkan ke penjurusan IPA. Namun nilaimu yang nggak mencukupi membuatmu masuk ke penjurusan IPS. Ini mungkin memang bakat and kemampuanmu lebih menonjol di bidang IPS. Jangan paksakan diri untuk masuk penjurusan IPA karena nantinya justru membuat kamu stres.

Curhat
Kalo kamu punya masalah yang kira-kira nggak bisa kamu selesaikan sendiri, sebaiknya bicarakan dengan orang lain. Bisa dengan sahabat, orang tua, guru atau siapa saja yang kamu percaya. Dengan curhat,  beban persoalanmu akan terasa lebih ringan. Bahkan siapa tau, orang-orang yang kamu curhat-in bisa memberimu pencerahan and jalan keluar.

Jaga kesehatan
Kesehatan yang buruk adalah stres. Sakit and kelelahan bisa bikin kamu jadi nggak maksimal untuk berpikir atau mengerjakan sesuatu dengan baik. Makan teratur, cukup istirahat and olahraga rutin bisa kamu lakukan. Kalo tubuh and pikiranmu sehat, stres nggak akan datang.

Relaksasi
Relaksasi bisa mengendorkan ketegangan otot and pikiran akibat stres. Lakukan secara rutin setiap hari selama 10 sampai 15 menit.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s