Jurus belajar efektif

Posted: Februari 11, 2010 in Belajar
Tag:, ,

Berikut ini adalah beberapa cara yang mungkin bisa kamu lakukan agar belajarmu bisa lebih optimal. Cekidot!

Mengapa kita harus belajar??
Tentukan dulu, kamu belajar untuk apa. Misalnya untuk menghadapi ujian semester minggu depan, atau buat persiapan tes masuk universitas.

Tumbuhkan minat
Jangan biarkan jika kamu punya kebencian pada salah satu mata pelajaran. Pasti hal ini bikin semangat kamu turun saat mengikuti mata pelajaran itu di kelas. Sebisa mungkin, perlahan-lahan, tumbuhkan minat pada mapel tersebut.

Rajin hadir di kelas
Masuk kelas, duduk, lalu dengarkan dengan seksama apa yang diajarkan oleh guru. Dengan ini, seenggaknya kamu udah menyerap pelajaran minimal 30%nya. Ini jadi modal penting bagi kamu untuk memahami materi pelajaan selanjutnya.

Belajar kelompok
Belajar bersama biasanya lebih efektif dibanding belajar munfarid (baca: sendiri) karena kita bisa berbagi pengetahuan dengan teman-teman kita. Tapi sebaiknya dalam satu kelompok, anggotanya 3 orang aja.. Tar kalo banyak-banyak malah ngrumpi lagi..

Belajar teratur and terjadwal
Jadiin kegiatan belajar sebagai kebiasaan. Belajar ‘sedikit tapi sering’ akan lebih manjur daripada belajar ‘banyak tapi cuma sekali’.

Pelajari materi pelajaran dengan teliti
Sebelum melanjutkan ke materi berikutnya, pahami benar-benar dulu apa yang kamu pelajari sekarang. Jangan meloncat-loncat, karena antara satu pokok bahasan dengan pokok bahasan lain biasanya saling berkaitan.

Konsentrasi pada satu hal
Belajar akan jadi lebih mudah kalo kamu berkonsentrasi pada satu hal aja. Jauhi persoalan-persoalan lain yang bisa menyita konsentrasi belajarmu. Misalnya, saat kamu lagi serius mempelajari matematika, jangan malah mikirin si doi (baca: pacar).

Malu bertanya sesat di jalan
Jangan biarkan ketidakpahaman pada suatu materi pelajaran tersimpan dalam benakmu. Bertanyalah jika kamu belum mengerti, karena bertanya adalah ciri orang cerdas. Tapi jangan kebanyakan bertanya, nanti malah keliatan bego’nya. Hehehe..

Buat ringkasan yang rapi, teratur, and menarik
Ringkas materi pelajaran yang masih dalam bentuk bacaan panjang. Jangan lupa catat hal-hal yang penting. Bisa juga dengan bolpoin warna-warni atau dihiasi gambar, sehingga catatanmu jadi menarik and nggak membosankan untuk dipelajari.

Ulangi pelajaran
Mempelajari ulang catatan atau ringkasan yang telah dibuat itu juga bagian dari belajar lho. Kemudian latih diri kamu dengan mengerjakan soal-soal sebanyak mungkin, agar kalo ada ulangan mendadak, kamu udah terbiasa ‘berhadapan’ dengan soal-soal itu.

Good LUCK!😀

Komentar
  1. unul mengatakan:

    gmna cie cra yang handal spya qta iza cepat menguasai pelajaran di sklah atao pun di luar sekolah?????????

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s