Nggak boleh ini itu

Posted: Januari 27, 2010 in Remaja
Tag:, , ,

Aku sebel sama Papa-Mama. Punya temen deket cowok dikira pacaran, mau maen sama temen-temen malah diomelin, mau ini nggak boleh, mau itu nggak boleh. Aku kan udah gede, udah bisa bedain mana yang baik dan mana yang bener. Uhhh….

Eits, pasti di antara temen-temen ada yang mengalami hal ini. Memang, banyak remaja yang merasa bermusuhan dengan orang tuanya.
Kok bisa? Ini karena ada perubahan-perubahan (dalam hal ini yang dimaksud adalah perubahan psikologis) pada remaja yang membuat remaja bingung, begitu juga dengan ortu. Mungkin ortu berpikir kalo anaknya sudah terpengaruh dengan temen-temennya, karena dulu sewaktu masih kecil, si anak lebih sering bermain di rumah, cerita-cerita dengan ortu-nya. Namun begitu menginjak remaja, si anak jadi suka keluar rumah dan bercurhat ria dengan temannya.
Jika hal ini dibiarkan lama-lama, tentu akan memperburuk hubungan remaja dengan ortu-nya. Lalu, apa yang harus kita lakukan? Cobalah untuk bicara baik-baik dengan ortu. Sampaikan perasaanmu, apa yang kamu rasain selama ini, dll. Sebaliknya juga ortu perlu mengubah sikap untuk tidak terlalu mengekang si anak dan mencoba memberinya kepercayaan. Dengan begitu, remaja akan merasa dipercaya dan belajar untuk bertanggung jawab atas kepercayaan itu.

Diberi kepercayaan bukan berarti dilepas begitu aja lho. Katakanlah seperti ‘layang-layang’. Layang-layang diterbangkan bebas ke langit, namun sesekali ditarik jika ada layang-layang lain yang mencoba mendekati. Kemudian diulur lagi, agar layang-layang bisa terbang tinggi ke langit ke tujuh (wehh.. ^^). Nah, umpama ‘layang-layang’ itu adalah remaja, hendaknya remaja juga diperbolehkan untuk berbaur dengan dunia luarnya. Namun tetap diawasi oleh ortu. Dengan begitu, antara remaja dengan ortu akan lebih bisa membuka diri dan bersahabat.

Oke..   Semoga suasana hati temen-temen akan jadi lebih baik..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s