PMS tu apa sih? Penyakit ya..

Posted: Januari 25, 2010 in Remaja
Tag:, ,

Kalo yang dimaksud Pre Menstruation Syndrome, itu artinya gejala-gejala menjelang datangnya menstruasi. Seperti merasakan sakit perut, merasa lemas, mual, sakit kepala, juga gejala-gejala psikologis seperti gampang tersinggung atau jadi lebih sensitif daripada biasanya.
Memang, rata-rata remaja yang lagi datang bulan, suasana hatinya jadi agak sensitif. Jadi suka uring-uringan tanpa sebab atau marah-marah nggak jelas. Itu gejala normal kok, bukan penyakit. Tapi perlu diketahui bahwa nggak setiap orang ngalamin hal ini. Tergantung daya tahan tubuhnya, hormon-hormon yang mempengaruhi, dll. Kondisi setiap orang berbeda, ada yang kesakitan sebelum ‘tamu bulanan’ datang, ada yang nggak enak badan di hari pertama mens, bahkan ada yang justru nggak merasa sakit atau lemas sama sekali.
Jadi, kalo pak Guru lagi marah-marah, maklumi aja, mungkin beliau lagi datang bulan.. hahaha bercanda

Ada satu lagi nih, Penyakit Menular Seksual yang sering juga disingkat jadi PMS –tapi sekarang udah diganti jadi IMS atau Infeksi Menular Seksual. Penyakit ini disebabkan adanya hubungan seks yang nggak aman dengan orang yang menderita IMS. Dalam hal ini, ‘nggak aman’ yang dimaksud adalah nggak pake kondom.
Untuk remaja yang belum pernah nglakuin hubungan seks dengan siapapun (tapi untuk saat ini jangan yaa ^^ ), nggak usah takut tertular. Tapi, tetep jaga kebersihan daerah kemaluanmu, ganti celdam minimal 2x sehari (kayak mandi aja haha). Terutama buat cowok-cowok nih yang malas ganti celdam, sampai ada istilah side A side B gara-gara celana cuma dibalik terus dipakai lagi.. Idiihh jorok itu mah..
Biasakanlah hidup bersih dari sekarang, biar kita nggak gampang penyakitan..🙂

Komentar
  1. muhammadcank mengatakan:

    PMS ini bisa dikatakan penyakit atau kelainan yang terjadi pada alat kelamin wanita atuapun pria,keculi menstrusiitu tidak tejadi pada pria.

  2. drummerfan mengatakan:

    emang tergantung konteksnya kalo ngomongin PMS
    bisa premenstrual syndrome atau penyakit menular seksual
    tp buat side A side B, kayanya parah bgt deh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s