Garis-garis pada tubuh Zebra

Posted: Januari 22, 2010 in Tahukah kamu?

Sebenarnya hampir semua kerabat kuda seperti keledai dan zebra mempunyai garis-garis pada tubuhnya. Hanya saja garis-garis itu tak sejelas seperti pada zebra. Pada kuda misalnya, garis-garis halus hanya muncul sewaktu tubuhnya diterpa cahaya matahari.

Nah, pada zebra sendiri garis-garis hitam putih itu ternyata bisa menjadi senjatanya untuk menyelamatkan diri, lho. Bagaimana bisa? Begini, di habitat mereka nun jauh di Afrika yang berupa padang rumput, matahari bersinar terik, garis-garis pada tubuh zebra yang ditimpa teriknya matahari seolah berkelap-kelip. Pada jarak yang agak jauh, kerlap-kerlip ini menyilaukan pandangan. Karena silau, hewan pemangsa zebra seperti harimau, singa, atau cheetah jadi sulit memangsanya. Maka selamatlah zebra.

Karena garis di tubuhnya, zebra selamat dari sengatan lalat tsetse. Lalat ini hanya hidup di Afrika dan sangat berbahaya karena sengatannya bisa menimbulkan penyakit nagana atau penyakit tidur. Penyakit tidur semacam ini bisa menyebabkan kematian.

Seperti harimau, singa dan hewan-hewan pemangsanya lainnya, lalat tsetse juga kesulitan menemukan zebra di bawah terik matahari. Garis-garis di tubuhnya yang berkelap-kelip menyulitkan pandangan lalat ini. Lagi-lagi, zebra pun selamat.

Ternyata garis-garis hitam dan putih di tubuh zebra punya banyak manfaat ya..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s