Betapa Tertibnya Semut Bekerja

Posted: Januari 22, 2010 in Tahukah kamu?

Semut memang binatang yang sangat kecil dan nampak rapuh bagi kita manusia. Namun sesungguhnya semut adalah binatang yang memiliki kehidupan tertata yang patut kita tiru dalam hal ketertiban dan kuatnya kerjasama di antara sesama mereka.

Ada kurang lebih 10ribu jenis semut di dunia ini yang sudah dikenali oleh para ahli serangga. Semua jenis semut ini hidup dalam kelompok-kelompok besar beranggotakan ribuan hingga jutaan semut yang disebut satu koloni.

Di dalam satu koloni, setiap semut telah terbagi dalam kelompok-kelompok kerja yang khas. Ada semut pekerja, semut penjaga, dan ratu semut. Umumnya ratu semut hanya ada satu dan tugasnya hanyalah bertelur-bertelur dan bertelur.

Ratu semut ini, yang ukuran tubuhnya jauh lebih besar dari semut lainnya, tidak banyak bergerak kemana-mana. Dia diam di tempat, dan dirawat oleh para semut pekerja. Bahkan para semut pekerja yang bertugas mengurusi kecukupan makannya. Semut pekerja lain ada yang membersihkan tubuh sang ratu, menjaga telur-telur dan juga merawat bayi-bayi yang menetas. Kalau ada perubahan cuaca, seperti angin kencang, hujan atau bahkan banjir, dengan sigap semut-semut pekerja akan memindahkan makanan dan bayi-bayi ke tempat yang aman.

Bagaimana di antara telur yang menetas ini ada seekor bakal ratu? Ah, jangan khawatir, sang ratu muda ini kelak akan keluar dari sarangnya diiringi oleh sekelompok semut pekerja dan penjaga untuk mencari tempat bersarang baru.

Semut pekerja ada juga yang bertugas membersihkan sarang, mencari makan, membuat lubang sarang baru, menyediakan makanan bagi semut-semut lain, dan pada jenis semut tertentu ada yang bertugas memintal daun, rumput-rumputan, bahkan membusukkan daun untuk menumbuhkan jamur.

Sementara itu semut penjaga dilahirkan dengan tugas menjaga sarang dari adanya bahaya. Baik bahaya dari jenis hewan lain maupun dari jenis semut lain yang merupakan musuh mereka. Sebab, beberapa jenis semut hitam bersungut besar ada yang suka menculik bayi-bayi semut jenis lain untuk dijadikan pekerja di sarang mereka.

Semut penjaga ini akan berjaga-jaga di depan pintu sarang, di sekitar sarang, bahkan bolak-balik memastikan keamanan di dalam sarang. Dengan sungutnya, mereka akan mengenali setiap hewan yang mendekat, termasuk semut lain. Kalau mereka tidak mengenali si pendatang sebagai kawan, dengan sekuat tenaga mereka akan menyerangnya dan menyingkirkannya jauh-jauh dari areal sarang. Begitu disiplinnya para semut penjaga ini, sehingga demi menghalau musuh mereka bahkan rela bertarung sampai mati.

Kalau ada semut pekerja yang menemukan makanan dan makanan itu ternyata sulit untuk dibawa sendiri, sang semut pekerja ni akan memanggil kawan-kawannya sesama semut pekerja. Dalam sekejap, semut pekerja lain akan menuju tempat makanan yang dimaksud dan menggotong makanan itu dengan penuh semangat menuju sarang. Di sana, makanan itu akan diolah oleh semut pekerja lain dan dibagikan secara merata pada semua anggota koloni semut tanpa ada yang tersisihkan.

Begitulah kehidupan semut di dalam setiap koloni berlangsung dengan damai dan penuh ketertiban. Setiap semut mengetahui apa tugas khas mereka dan dengan penuh rasa tanggungjawab menjalankan tugas itu tanpa ragu.

Kalaupun sang ratu kemudian mati, seorang ratu baru akan menggantikan kedudukannya dan semut yang lain akan berkhidmat pula dalam merawat dan menjaganya.

Komentar
  1. wahyu am mengatakan:

    coba kita bekerja sama kayak semut yah😆

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s