Menjadi pribadi yang rajin

Posted: April 14, 2010 in Dunia kita, Pengembangan diri
Tag:, , ,

Banyak di antara kita yang statusnya adalah pelajar, mengidap ‘penyakit’ malas belajar. Sebenarnya yang membuat kita malas dalam suatu hal (belajar misalnya) bukan karena kita bodoh atau tidak berbakat, namun kurangnya kesadaran akan diri sendiri . Kalo ada orang yang mengatakan orang lain bodoh, maka orang itu yang salah dan orang itu tidak memiliki ilmu tentang pengertian orang yang pintar. Orang yang pintar adalah orang yang punya kemampuan khusus yang dapat ia manfaatkan untuk hal-hal positif dan bermanfaat bagi dirinya maupun orang lain. Kita pun bisa mengubah rasa malas menjadi rajin, jika kita punya kemauan. Baca deh tips-tips di bawah ini
Mulailah dari diri sendiri

* Biasakan diri kita untuk selalu beribadah tepat waktu. Kebiasan tersebut bisa mempengaruhi kita dalam kebiasaan belajar. Selain kita harus beribadah tepat waktu, harus diikuti belajar yang harus teratur pula.

* Hilangkan kebiasaan yang nggak bermanfaat. Contoh: membuka situs internet yang nggak semestinya.
* Hilangin kebiasaan menunda-nunda karena itu akan membuat kita termasuk orang-orang yang lalai.

* Memotivasi diri sendiri, dengan cara melihat dari lingkungan sekitar dan menelaah kemampuan pribadi.

Mulai dari lingkungan kita

* Rapikan kamarmu. Rasa malas biasanya muncul klo kita melihat sesuatu yang nggak enak dipandang, semisal kamar yang berantakan kayak kapal pecah , pakaian yang menumpuk di tempat tidur, buku-buku yang bertebaran di lantai kamar, dll. Rapikanlah semuanya. Jika keadaan terlihat rapi, mood untuk melakukan suatu pekerjaan akan muncul.

*Jauhi sifat meremehkan sesuatu atau orang lain. Semisal kita mendapat nilai ulangan paling tinggi di kelas. Kemudian kita beranggapan kalo teman yang lain nggak sepintar kita, so kita merasa nggak perlu belajar karena kita udah pintar. Hati-hati, bisa aja teman kita yang mendapat nilai di bawahmu itu tiba-tiba menjadi juara kelas karena kemauannya yang besar untuk belajar.

* Belajar dari pengalaman orang lain, karena pengalaman adalah guru yang paling baik. Lihatlah orang lain yang sukses dalam suatu pekerjaan. Kesuksesan nggak didapatkan dengan mudah, tapi melalui usaha yang sungguh-sungguh. Jadikan pengalaman orang lain sebagai motivasi untuk bangkit.

Ingat pepatah

Seperti sabda Nabi bahwa “waktu adalah pedang“. Kalo kita pandai menggunakan waktu dengan baik, maka ‘dia’ (waktu) akan menjadi senjata ampuh bagi kita. Namun jika kita nggak bisa memanfaatkan waktu, secara perlahan dia akan membunuh kita. Hidup emang dibatasi oleh waktu tapi jangan sampai kita mau diperbudak waktu, justru kitalah yang harus menjadi majikan bagi waktu.

Semua usaha yang kita lakukan akan menunjukkan hasil yang maksimal jika memulainya dengan NIAT yang KUAT.

Jadilah pribadi yang rajin !

About these ads
Komentar
  1. Ihsan Kusasi mengatakan:

    nice article indeed…

  2. Catatan Sederhana mengatakan:

    info yg bgus,
    q se7,tambahan..
    dgn selalu menjaga ibadah tepat waktu insy Allah kita juga akan selalu di jaga olehNya…

  3. dismas mengatakan:

    nggak ada kata bodoh atau tidak pintar. Yang paling sulit itu menciptakan mood kita untuk menjadi rajin. kalau udah bad mood, ya udah. males pol jadinya.

  4. noego08 mengatakan:

    seep dh.. perlu diterapin kyknya,,,,

  5. darahbiroe mengatakan:

    hu uh
    waktu bagaikan pedang
    jadi kita harus menggunakanya sebaik2nya
    dan smoga ajah saya juga bisa menjadi pribadi yang rajin
    amienn

  6. Ikhsan mengatakan:

    Mantap brow..
    Tinggal di terapiin aja yg sering gk karuan..kdg brthan skadar dua hari..bis tu kembalh lg spt smula..
    Ya,.jd tgl istiqamah donk

  7. khasmarya mengatakan:

    Ya….iya bner sich…Tpi loq Z…kdng SmngtX tinggi ,,kdng jga tb2 down g’ tw npa….low gtu,,,gmna crax biar sprtX tinggi lgi?

  8. wilda mengatakan:

    wich mantap …..
    mudhn bermanfaat bagi aku… dan orang lain

  9. ila nurjannah mengatakan:

    BERANTAS KEBODOHAN DENGAN BELAJAR……….

  10. akbar mengatakan:

    artikel yang memotivasi.. dan membuat pemalas seperti saya ingin menjadi orang yang rajin dan meninggalkan kebiasaan bruk saya.. :D
    nice post..

  11. okta novia rinal mengatakan:

    okeh gue coba////……

  12. Tgk zaini mengatakan:

    trimakasih smoga pendapat ini dapat bermanfaat bagi smua.tidak ada org y pintar kl malas.tidak ada orang bodoh kl dia rajin..

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s